Konsep Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran - Memerlukan sebuah pemasaran yang muncul bukan hanya lantaran keinginan perusahaan. Sekarang keinginan konsumen lah yang harus dipertimbangkan oleh para manajer pemasaran dalam  konsepnya. Sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaana, itulah konsep pemasaran


Konsep Manajemen Pemasaran 

Agar pelaksanaan manajemen pemasaran dapat terlaksana, hendaknya memiliki ada falsafah atau landasan  yang sebaiknya digunakan sebagai pedoman usaha pemasaran ini untuk mencapai pertukaran yang diinginkan. Landasan ini dikelompokkan dalam lima konsep alternative antara lain:

landasan ini dikelompokkan dalam  konsep alternative berikut antara lain:

Production Concept

Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau serta manajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki produksi dan efesiensi distribusi. Konsep ini adalah falsafah paling tua digunakan dalam penjualan. Konsep ini masih berlaku dan bermanfaat pada dua situasi, yaitu situasi pertama, bila permintaan akan produk lebih besar dari penawannya ; situasi kedua, terjadi kalau biaya produk terlalu tinggi dan perbaikan produktifitas diperlukan untuk menurunkannya. Akan tetapi, perusahaan yang bekerja dengan falsafah ini menghadapi resiko tinggi dengan focus terlalu sempit pada operasinya sendiri. Bila perusahaan berusaha menurunkan harga, yang pasti dilupakan adalah kualitas, padahal yang di inginkan konsumen adalah harga rendah dengan barang yang menarik. Perusahaan atau produsen yang menggunakan konsep ini memiliki strategi dengan menambah dan memperbanyak produk yang akan mereka pasarkan, serta memperluas pendirian tempat bagi penjualan produk mereka.

Product Concept

Falsafah bahwa konsumen akan menyukai produk bermutu terbaik dan sifat paling inovatif dan bahwa organisasi harus mencurahkan energi untuk terus menerus melakukan perbaikan produk. Pada konsep ini, perusahaan atau produsen lebih mengedepankan kualitas serta keunggulan produk yang mereka pasarkan, karena mereka percaya bahwa konsumen akan merasa terpuaskan dengan mengkonsumsi produk mereka dengan mutu yang tinggi.


Selling Concept

Falsafah bahwa konsumen tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah yang cukup kecuali organisasi mengadakan usaha penjualan dan promosi berskala besar. Konsep ini biasanya dilakukan pada barang yang tidak dicari, yaitu barang yang mungkin tidak terpikirkan untuk dibeli oleh konsumen, contoh : ensiklopedia, asuransi,dll. Industri ini harus mahir dalam melacak calon pelanggan dan menjual manfaat produk kepada konsumen. Tujuannya adalah menjual yang perusahaan buat, bukan produk apa yang dibutuhkan masyarakat konsumen. Strategi yang digunakan perusahaan atau produsen dengan menjual produk mereka kepada konsumen dengan memberikan produk selengkap mungkin dan skala penjualan yang lebih besar.

Marketing Concept

Falsafah manajemen pemasaran ini berkeyakinan bahwa pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan didambakan itu lebih efektif an efisien daripada pesaing. Kemungkinan konsep ini membingungkan bila dibandingkan dengan konsep penjualan. Perusahaan atau produsen yang menggunakan konsep ini memiliki tujuan utama yaitu kepuasan pelanggan atau konsumen adalah segalanya. Perusahaan atau produsen lebih mengorientasikan para pelanggan mereka dengan memberikan produk-produk untuk memenuhi kebutuhan mereka, sehingga terciptalah kepuasan dari para pelanggan.


Social Marketing Concept

Falsafah  pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien dari pada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat. Merupakan konsep pemasaran dengan cara memuaskan konsumen atau pelanggan, namun juga turut mengajak para konsumen atau masyarakatnya untuk turut berpartisipasi dengan strategi yang mereka gunakan dalam pemasaran, sehingga keuntungan dan kepuasan dapat dirasakan oleh seluruh aspek.


Global Marketing Concept

Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. Tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.


Penggunaan konsep pemasaran bagi sebuah perusahaan dapat menunjang berhasilnya kegiatan yang dilakukan. Konsep pemasaran disusun dengan memasukkan tiga elemen pokok, yaitu :
  • Orientasi konsumen/pasar/pembeli
  • Volume penjualan yang menguntungkan
  • Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan.

Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

Konsep Manajemen Pemasaran  Konsep Manajemen Pemasaran Reviewed by Unknown on 01.47 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.